Selasa, 20 Agustus 2013

Inilah Bursa Calon Ketua Umum FLP 2013-2017

Kendati Munas baru berlangsung mulai 30 Agustus nanti, sejumlah nama mulai mencuat sebagai bakal calon Ketua Umum FLP 2013 - 2017. Di antara nama-nama itu ialah Afifah Afra, Habiburrahman El-Shirazy, dan petahana Setiawati Intan Savitri.

Aries Adinata, Ketua FLP Solo 2009 - 2011 dan kader senior FLP Jawa Tengah, secara terang-terangan mengemukakan alasan "Kenapa harus Afifah Afra Satu?"

"Menjadi tetua FLP Pusat itu harus punya amunisi, baik finasial maupun non finansial, ia harus sudah kenyang tata birokratif organisasi, terang benderang kekaryaannya, plus didukung jejaring yang tersebar, ditambah lagi nama yang sudah menggema di seluruh kader FLP se Indonesia," urai Aries panjang lebar sebagaimana termuat di mailing list FLP.

Selama ini, selain aktif di FLP Jawa Tengah, Afra juga dikenal sebagai pemilik penerbitan. Hal senada juga diungkapkan Nening Mahendra, anggota FLP Tegal yang akrab dipanggil Nenek.

"Si Nenek ini sangat setuju, sangat mendukung Afifah Afra menjadi Ketua FLP Pusat. Saya mendoakan semoga Allah memudahkan segala sesuatunya buat Afifah Afra, buat keluarga, suami dan anak-anak," kata Nening.

Lain halnya dengan anggota FLP yang menjuluki diri sebagai Kang Abik Fans Club. Ia memandang bahwa FLP harus dipimpin oleh orang besar seperti Kang Abik, panggilan akrab Habiburrahman El-Shirazy yang moncer lewat berbagai novel dan filmnya. 

"Saya mengajukan Kang Abik karena prestasinya besar dan bisa membesarkan FLP. Hidup Kang Abik!" tandasnya.

Sementara sejumlah narasumber di Jakarta secara tersirat menunjukkan apresiasinya atas kinerja petahana Setiawati Intan Savitri, yang dianggap giat dan gigih dalam berjibaku mengembangkan Forum Lingkar Pena. Sosok penulis perempuan yang juga salah seorang Kadiv Penerbitan Sastra dan Budaya Balai Pustaka itu dipandang cukup berhasil dalam melakukan terobosan-terobosan bisnis bagi FLP.

Pemilihan Ketua Umum termasuk salah satu agenda persidangan Munas, selain sidang-sidang yang membahas laporan pertanggungjawaban dan AD/ART. Setiap FLP Cabang berhak mengirimkan 2 utusan, sedangkan FLP Wilayah berhak mengirimkan 3 utusan, di mana masing-masing memiliki hak suara.

Menurut jadwal yang disebarkan Panitia, acara yang dimulai pada tanggal 29 Agustus 2013 salah satunya mengagendakan konsolidasi wilayah dan cabang masing-masing.

Nama-nama bakal calon lain diperkirakan akan bermunculan seiring semakin dekatnya acara Munas. [zf]

0 komentar:

Posting Komentar